Solo is Amazing!


Solo is Very Amazing. Are you believe me?

Tau nggak kamu kenapa aku mengatakan Solo adalah salah satu daerah yang sangat istimewa? So, mungkin bagi kamu yang sudah lama tinggal di Solo nggak menemukan sisi keunikan maupun sisi estetis dari kota Solo yang sangat indah ini. Let’s check it out!

1. HIK

Sudah tidak asing lagi kan dengan kata tersebut? Ya, tentu saja! Bagi kamu yang sudah lama hidup dan besar di Jawa, khususnya kota Solo, hik bukanlah kata yang sangat asing bahkan sudah menjadi kehidupan sehari-hari. Jujur ya, karena aku termasuk orang baru di Jawa, aku kaget banget ketika aku makan nasi kucing di hik dan harganya hanya seribu! (Jangan ketawa ya!) Rasa-rasanya, harga nasi di kota asalku, di Samarinda, Kalimantan Timur, itu semurah-murahnya tiga ribu rupiah. Eh, ini nasi harganya cuma seribu sudah ada lauknya dan sambalnya.

2. Harga-Harga yang Serba Murah

Beneran bro, mau beli apa saja di sini sangatlah murah! Yah, kalau dibandingkan dengan harga barang-barang yang di luar Jawa… Misalnya aja, nasi sayur di sini hanya tiga ribu sedangkan di Samarinda sepuluh ribu aja dengan kuantitas yang sama, di sini makan nasi goreng yang harganya tujuh ribu aja sudah kenyangnya minta ampun dibandingkan dengan nasi goreng di Samarinda yang harganya dua belas ribu tapi kayaknya belum kenyang kalau nggak makan dua porsi. (bukan karena aku rakus ya!)

3. Budaya Sapa-Menyapa

Suatu hari, ketika aku berjalan bersama kawanku di jalan perkampungan di salah satu pojok kota Solo, aku dikejutkan dengan “tingkah” temanku yang memberi salam kepada seorang ibu di pinggir jalan, “Permisi, Bu…” “Monggo Mas,” sahutnya. Hei, aku aja nggak pernah terbetik di benakku untuk menyapa orang ketika aku di Samarinda tapi kok di sini saling menyapa? Padahal sama, Solo dan Samarinda, sama-sama kota. Memang sih, beda kota beda budaya. Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung.

So, masih banyak lagi hal-hal menarik tentang kota solo, apalagi bagi kamu yang berada di luar Jawa Tengah, atau di luar Jawa. Coba deh datang ke sini! Kamu akan menemukan banyak sekali perbedaan-perbedaan yang tidak terdapat di kotamu, seperti yang aku sebutkan di atas tadi: Hik, Harga yang Serba Murah, Budaya Sapa-Menyapa.

Sebenarnya sih, masih banyak hal menakjubkan tentang kota Solo. Artikel ini baru awal Masih banyak lagi hal-hal menakjubkan yang belum kuungkap. So, ikuti terus tulisan-tulisan di blog ini! [mzaini30]

Kontes Tulisan Tentang Solo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s