Membuat Catatan Rahasia dengan Notepad++


06f1e928-015e-439a-bc74-8f0610f9a2db

Setiap dari kita pastinya ada sesuatu yang dirahasiakan. Tapi anehnya, kita juga pernah kan ngerasa sesuatu yang dirahasiakan itu pokoknya harus ditulis. Entah itu hanya curhatan gaje, atau sampai kekesalan yang memuncak dan butuh penyelesaiannya dengan penulisan tumpahan perasaan itu. So, hal ini jugalah yang menggelitik rasa hausku akan teknologi untuk mencari pemecahannya. Seharian penuh kuhabiskan untuk mencari solusinya.

Dan akhirnya, ternyata jawabannya ada di Notepad++

Ya, mungkin dari kita ada yang heran apa itu nama kok pake ++. Oke deh, sebelum kamu berpikir yang negatif lebih jauh, kujelaskan aja dengan singkat apa tu Notepad++.

Jadi, Notepad++ tu sama kayak notepad biasa cuma bedanya mendukung kegiatan programming. Itu aja sih. Langsung masuk ke tutorialnya ya 🙂

Bahan yang Harus Dipersiapkan

1. Notepad++ (bisa didownload di sini : http://notepad-plus-plus.org/download/)

2. Plugin SecurePad (bisa didownload lewat Notepad++ atau lewat link ini : http://sourceforge.net/projects/npp-plugins/files/SecurePad/)

Masuk ke Tutorial

1. Buka Notepad++

2. Ketikkan catatan rahasiamu

image001

3. Pilih Plugin > SecurePad > Encrypt Document

image002

4. Masukkan kata sandi

image003

5. Okay, You Get It!

image004

Gampang kan?

Kalau kamu misalnya sudah nyoba tapi masih gagal atau nggak tau caranya, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ya :mrgreen:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s