Blogspot vs WordPress. Manakah yang lebih Unggul?


Halo… setelah sekian lamanya aku nggak muncul, akhirnya sekarang kembali lagi dengan pembahasan yang fresh kuharap sih begitu. Kali ini kita akan membahas El Clasiconya dunia perblogan yaituΒ Blogspot dan WordPress. Untuk memudahkan, kali ini aku menyajikannya dalam bentuk tabel.

Udah penasaran ni ya? Yuk langsung lihat tabelnya…

Blogspot WordPress
Template Kalau dari Blogspotnya sendiri sih sudah nyediain. Tapi kalau kamu mau template dari luar juga bisa. Cuma, nyari yang elegan tu agak susah Walaupun templatenya terbatas, tapi sudah disediain banyak dan banyak juga yang elegan
Notifikasi Kayaknya nggak nyediain notifikasi Ada notifikasinya kayak Facebook. Jadi kalau kamu buka wordpress.com atau blog wordpress lain, di atasnya itu ada semacam action button semisal ikuti, suka, blog ulang, dan notifikasi
Koneksi ke Dotcom Gratis Bayar
Ngedit Style (css) Bisa Bayar dulu
Kapasitas Penyimpanan Nggak terbatas kayaknya Terbatas (kalau nggak salah sih, 2 Giga)
Komunitas Banyak Belum tau jumlahnya berapa πŸ˜€
Diskusi Agak susah kayaknya Kalau ada orang yang komentar di blog kita, atau yang menjawab komentar kita, langsung masuk notifikasi
Blogwalking Bisa, dengan membuka blogger.com Bisa, dengan membuka wordpress.com
Gadget Suka-suka Terbatas. Nggak bisa masukin iframe, javascript, dan flash. Cuma bisa make gadget (kalau di WordPress namanya widget) yang sudah disediain
SEO Bagus karena punyanya Google Bagus karena sudah diatur oleh yang punya WordPress dan juga karena ada fitur kategori, bukan hanya tag
Pemakaian Gampang Gampang tapi katanya orang agak susah
Aplikasi Mobile Ada sih tapi belum nyoba Ada. Jadi lebih gampang ngeblognya
Emoticon Harus mencari script buat nampilin emoticon dulu Dari sananya udah disediain. Contohnya aja πŸ™‚
Markdown Tidak tersedia Tersedia tapi sepertinya hanya sedikit saja yang menggunakannya (termasuk aku sih πŸ˜› )

And the winner is…

Suka-suka gue πŸ˜›


Ikuti @mzaini30 untuk mendapatkan Update Blog ini.

32 thoughts on “Blogspot vs WordPress. Manakah yang lebih Unggul?

  1. saya sih masih nyaman pake wp. Beberapa hari ini saya mencoba pake blogspot, banyak anehnya.
    Satu lagi kelebihan wp, jika melanggar TOS, lebih mudah dibanned dibanding blogspot. kekurangan wp, ga diperbolehkan pasang adsense.

  2. Nambahin, terkait publikasi, blogspot tidak bisa terhubung langsung dengan akun-akun medsos kita, tapi kalau wordpress bisa. Ada facebook, twitter, google+, linkedin, tumbrl, dan path, dan masing-masing bisa terhubung lebih dari satu akun per medsos. Contoh nyatanya itu birenaalhuripb.wordpress.com. Itu blog saya yang buat, tapi milik sebuah organisasi di IPB (Institut Pertanian Bogor), sehingga bisa tersambung lebih dari satu akun (akun-akun pengurus). Sekali posting, langsung tersebar di sekian puluh akun facebook, twitter, google+, beberapa linkedin, tumbrl, dan path (untuk 3 medsos terakhir pengurus jarang ada yang punya). Karena terhubung dengan banyak akun, saat ini di statistik wordpress, Birena terhubung dengan 44,794 followers facebook dan 7,706 followers twitter. Blog saya pribadi, yusufmuhammad47.wordpress.com, tidak terhubung sebanyak itu karena hanya terhubung dengan 1 akun pribadi per medsos.

  3. wordpress! karena menurut saya tampilannya lebih elegan. blogspot menurut saya tampilannya lebih santai. kebetulan saya lebih suka yang elegan

  4. halo mas zaini salam kenal , kalo saya pribadi sih pake dua dua nya ,sama yang dari wordpress.org juga sih lha pesanan custom wp pakainya cms nya wp sih hehehehe

  5. Saya menggunakan keduanya, tapi karena lebih sering memakai WordPress, saya lebih cenderung suka WordPress karena fitur notifikasinya dan mudah digunakan. πŸ™‚

  6. kalo aku lebih suka wordpress karena tampilannya kelas eksekutif dan lebih mengedepankan tulisan bukan desain. (Word = kata, press = penekanan yang berarti penekanan pada kata). Soal desain wordpress lebih mudah karena pilihannya terbatas dan widgetnya juga terbatas, developer blognya pun terbatas. Ini kalo blog sih. Kalo web kayaknya juga mirip dengan platform lain. Kalo blogspot desainnya suka suka, dan nggak terbatas kayaknya deh, dan developernya banyak banget. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

