Taktik Pengalihan Isu


BBM terus melonjak naik.

Narapidana eksekusi mati gara-gara narkoba kemungkinan besar nggak jadi ditembak.

Kubu Golkar terpecah dua, demokrasi terancam.

KPK vs POLRI jilid kesekian.

ISIS yang terus mengancam NKRI(?)

de el el..

Pernahkah kita berpikir, “Untuk apa media membuat berita-berita itu?” Ah, semakin membuat muak saja dan semakin bertambah juga rasa jengkel pada media. 24 jam setiap hari mata kita tak bisa lepas dari tayangan tipi. Acara demi acara silih berganti. Berita demi berita–yang kita sendiri tak tau manfaatnya–terus update. Kita pun akhirnya bertanya, “Apakah aku butuh dengan semua ini?”

Itulah yang namanya pengalihan isu. Masyarakat terus digiring opininya untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya nggak perlu dipikirkan ataupun hal-hal yang kita sendiri nggak punya ilmu tentang urusan itu. Sehingga jadinya hanyalah komentar-komentar membabi-buta yang memang sudah diskenariokan oleh media tentang tanggapan kita–orang yang nggak berilmu.

Cobalah kita matikan tipi kita, lihat dunia sekitar. Itulah kehidupan kita sebenarnya. Nggak ada kisruh istana, nggak ada kecaman dunia Barat, nggak ada tembak-tembakan antara pejuang Yaman dengan Syiah Houtsi. Yang ada hanyalah kebosanan.

Ya, BOSAN.

Itulah efek dari perilaku kita yang senantiasa “membutuhkan” update. Segala hal selalu kita menginginkan yang update. Berita update, jam tangan update, kaos update, gaya hidup update. Ketika kita dihadapkan pada kenyataan, yah, itulah jadinya.

So, mari kita keluar dari permainan ini dan mulailah kita ubah lingkungan kita. Karena kita ini terlahir di bumi ini sebagai pejuang, bukan penonton.

Tidak akan ada satu pemberitaan pun yang mencapai masyarakat tanpa kendali kita

~ Profesor Sergyei A Nilus, Protocol of Zion (1905)


Follow @mzaini30 untuk Update Artikel terbaru blog ini 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s