Ini Asyiknya Kalau Dah Pernah Ngapal Quran


Fren, udah pernah nyoba ngapal Quran, belum? Takut ya? Apa merasa diri nggak mampu? Ayo deh, coba dulu aja, kalau merasa susah di tengah jalan, coba deh ngapal dulu sampe juz 30 aja.

Aja katamu?

Santai bro… santai… Kalau nggak nyampe juz 30 mah namanya belum ngapal Quran, to?

So, apa sih asyiknya ngapal Quran itu? Langsung aja ya,

  1. Kalau Ada Orang Nyebutkan Ayat Quran, Tiba-Tiba Langsung Nyambung Aja

    Alhamdulillah, di tipi yang tayangannya serba amburadul ternyata masih ada tayangan yang bagus dan mendidik yaitu Khazanah dan Khalifah. Nah, biasanya kan disebutin ayat-ayat Quran gitu. Kalau dah pernah ngapal, biasanya langsung nyambung aja gitu. Apalagi kalau ngapalnya dulu sama artinya. Wuih, plong dah rasanya.

  2. Kalau Ada Orang yang Baca Quran Asal-Asalan Bisa Ngingetin

    Biasanya kan imam-imam shalat itu para orang tua yang sudah berusia yang mungkin bacaannya itu kurang manteb lah. Seharusnya dibaca ha malah dibaca kho. Wuih, beda jauh dah tu artinya. Biasanya kalau hapalan udah sampe segitu apalagi ngapalnya baru tadi pagi, ngganjelnya itu kerasa banget.

    Ini imam kok bacanya nggak bener?

    Yang penting mah rasa ganjel itu jangan sampe membuat kita nggak khusyuk shalatnya. Iya nggak?

  3. Kalau Ngaji Enak. Lancar Aja Gitu

    Karena udah pernah ngapal, jadinya mah otomatis gitu rasanya bibir ini kalau pas lagi ngaji. Apalagi di ayat-ayat yang pas setoran dulu lancar banget. Contohnya juz 30. Hehehe.

    Kalau pas di ayat-ayat yang dulu susah ngapalnya, ngaji sekarang pun jadinya susah. Tapi mending lah daripada dulu nggak pernah ngapal sama sekali.

  4. Pas Ngaji Bisa Lebih Menghayati Soalnya Tau Artinya

    Kamu tau kan Quran itu fungsinya buat apa? Yap, kamu betul. Yaitu buat panduan kita sehari-hari supaya selamat dunia akhirat. Terus, kalau kita nggak tau artinya, gimana caranya supaya bisa menjadikannya sebagai panduan.

    Ya tinggal buka terjemahannya aja lah. Gitu aja kok repot 😎

    Oke. Oke. Kamu bener deh. Tinggal buka terjemahannya aja. Tapi kan kalau kita pas baca arabnya terus langsung tau artinya, rasanya itu beda. Beneran deh, BEDA. Soalnya kan Quran itu bahasanya adalah bahasa Arab tingkat tinggi dari segi keindahannya. Sama seperti kamu baca buku bahasa asing dan kamu tau artinya pastinya kan feelnya itu beda dengan baca buku yang sama dan sudah diterjemahkan.

    Terus, hubungannya sama ngapal Quran apa?

    Nah, biasanya kan kawan-kawan yang lagi ngapalin Quran itu, ngapalinnya sekalian sama ngapalin artinya. Sehingga, percakapan seperti berikut ini sudah biasa di kalangan para penghapal Quran,

    “Wuih, entar lagi ngapalin surat Al Kahfi nih. Manteb bro. Ngapalnya gampang. Soalnya isinya cerita tok.”

    “Yah, udah masuk surat Yasin, agak susah nih ngapalnya.”

    “Hei, kamu nggak bisa ngapalin yang itu? Piye to? Itu gampang yo! Ceritanya kan di situ cuma ceritanya Nabi Ibrahim pas waktu mau dibakar.”

    Wah, jadi nostalgia lagi nih saat-saat di mana aku ngapal Quran. Memang susah sih ngapalnya kalau pas di ayat-ayat yang lagi dihapal itu nggak ada alur ceritanya XD

So, buat sobat-sobatku yang saat ini sedang susah-susahnya lagi ngapalin Quran, jalani aja bro. Kamu susah, aku juga pernah susah. Pokoknya enak lah kalau dah pernah ngapal itu–biarpun pas ujian lupa mulu. Hehehe.

Keep Fighting, @mzaini30 😉

Iklan

25 thoughts on “Ini Asyiknya Kalau Dah Pernah Ngapal Quran

      • Thank you so much for giving everyone an exrdlotrinariay marvellous possiblity to discover important secrets from this blog. It’s always so superb and packed with a good time for me personally and my office co-workers to visit your site minimum 3 times in one week to learn the fresh things you will have. And lastly, I am certainly contented with the awesome solutions you serve. Selected 3 points in this post are particularly the most suitable I have ever had.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s