Lelucon Nahwu (Grammar Bahasa Arab) yang Melegenda


Jujur ya, baca judulnya aja aku dah ngakak XD

Lelucon. Ah, dia adalah sesuatu yang tak bisa kita lepaskan sehari-hari. Pertama tak kirain hanya manusia aja yang punya lelucon. Eh, pas tak pikir-pikir, semua hal di dunia ini menyimpan lelucon. Mulai dari lelucon tentang keteraturan alam semesta yang kita lihat seperti nggak teratur blas. Eh, kemudian tercipta tuh bilangan phi atau 1,618. Dan sekarang aku malah berpikir kalau bahasa pun menyimpan lelucon. Untuk saat ini yang bisa kutangkap leluconnya baru bahasa Arab. Untuk bahasa lainnya–Inggris, Jerman, Jepang, Yahudi, Korea, de el el–mungkin bisa menyusul.

Pernah dengar dua kalimat di bawah ini nggak?

من من من من من الله من منه منا

رجل رجل رجل رجل

Pernah denger nggak tuh? Kalau dah pernah, wah, nggak seru dong berarti kamu dah tau tuh kelanjutan cerita postingan kali ini. Kalau baru pertama denger, aku mau tanya dah, “Itu, dua kalimat itu, bagaimana kamu membacanya?”

Kalau orang belum pernah tau mah mungkin jawabannya kayak gini,

  1. man man man man man Allah man mannahu mannan
  2. min mun min mun man Allah mun minhu munnan
  3. min man mun min mun Allah man minhu minnan

Terus yang kalimat yang kedua jadinya mungkin kayak gini,

  1. rojul rojul rojul rojul (artinya cowok, cowok, cowok, cowok XD )
  2. rijlun rijlun rijlun rijlun (artinya sikil, sikil, sikil, sikil :mrgreen: )

Woi, kamu tu ngomong apa ngelawak sih?

Lagian soalnya juga ngelawak

Whats? Kamu tu ngelawak apa baca mantra sih? Bacanya dah kayak mbah Dukun aja :mrgreen:

Oke, sekarang kita bocorkan kunci jawabannya…

Jreng jreng jreng…

Untuk yang pertama itu cara bacanya,

man manna min munnin mannallahu min munnihi munnan

Artinya barang siapa yang membantu dengan suatu bantuan, maka Allah akan membantunya dari bantuannya itu suatu bantuan

Yo Dawg, muter-muter wae XD

Terus kalimat yang kedua bacaannya,

rojala rojulun rijla rojulin

Artinya seorang laki-laki menyepak kaki laki-laki yang lain

Fyuh, akhirnya selesai juga nih lelucon XD

Capek juga nih ngetik, @mzaini30 😉

Iklan

12 thoughts on “Lelucon Nahwu (Grammar Bahasa Arab) yang Melegenda

    • I recently read “The Road” by Cormac McCarthy…. just to see why it won a Pulitzer in ’07. Yeah, sure, it makes you think. But mostly, I found it boring and depressing. They walk, walk, wak83#l2&0;.something happens….they walk, walk, walk. The “saves” of finding hordes of food when they are near starving I found contrived. I have no clue how it won a Pulitzer??? Possibly an odd book coming out this fall…”B is for Beer” by Tom Robbins. A children’s book all about beer??!! Can’t wait for that!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s