Adab Ketika Membaca Quran yang Sering Terlupa


Pernah nggak kamu berpikir bahwa selama ini sudah membaca Quran tapi kok nggak ada efeknya dalam kehidupanmu?

Pernah nggak kamu merasa bahwa kayaknya ada yang salah dengan adab kita membaca Quran?

Ya. Apa itu?

Membaca Al Quran dengan Tartil

Padahal Allah sendiri sudah mengatakan

وَرَتِّلِ القُرآنَ تَرتِيلا

Bacalah Al Quran dengan Tartil (Al Quran surat Al Muzammil ayat 4)

Juga di Perkataan-Nya yang lain

لاَ تُحَرِّك لِسَانَكَ لِتَعجَلَ بِه

Janganlah menggerakkan lisanmu supaya cepat-cepat (membacanya) (Al Quran surat Al Qiyamah ayat 16)

Ya, kita sering melupakan hal ini padahal banyak sekali orang-orang yang hatinya tersentuh ketika dibacakan kepadanya ayat-ayat Al Quran. Contohnya adalah ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallammelantunkan Al Quran di rumahnya, ada dua orang di luar rumahnya dengan bersembunyi, mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran. Dua orang itu salah satunya Abu Jahal.

Sudah sering kita melihat ketika para Ustadz menyampaikan ayat-ayat Al Quran, beliau menyampaikannya seakan-akan seperti bukan membaca Al Quran. Padahal, membaca Al Quran beda dengan membaca hadits apalagi membaca syair. Karena itu adalah perkataan Allah subhanahu wa taala, tentu saja ada adab-adabnya. Salah satunya adalah membaca dengan tartil dan tidak tergesa-gesa.

@mzaini30 😉

Iklan

5 thoughts on “Adab Ketika Membaca Quran yang Sering Terlupa

  1. kadang mikirnya biar cepet khatam, tapi kalo tergesa2 juga takutnya ada bacaan yg dibaca gak sesuai, malah gak barokah. makasi lho udah mengingatkan.

    • Pake langgam Jawa? Maaf, aku nggak tau soalnya belum nguasain ilmu baca Quran. Jangankan langgam Jawa, kita aja, buat nguasain satu qiraah aja (qiraah hafs – qiraah yang cocok ma lidah Indonesia), butuh waktu bertahun-tahun. Mau nyoba nggak, nguasain qiraah hafs? Aku ada ustadz yang udah nguasain. Ntar tak kasih tau alamatnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s