Hati-Hati Sama Sikap Sombong dan Pamer


image

Tanpa terasa, kita ini seringkali bersikap sombong dan pamer. Mungkin kita mencari alasan bagi diri kita sendiri -membohongi diri- bahwa kita tidak sombong tapi pada kenyataannya, kita memang sedang bersikap sombong. Kapan itu?

Saat ketika kita melihat bahwa teman-teman kita berlari jauh meninggalkan kita sedangkan kita hanya memamerkan kehampaan setiap hari

…setiap hari

…tanpa ada yang kita perbuat

Apakah kita tidak merasa rugi?

Orang yang cerdas itu adalah orang yang bisa menahan dirinya saat dia mau pamer. Toh, apa sih manfaatnya pamer? Mungkin di saat kita pamer, kita bisa memuaskan ego kita, sedikit memberi nyaman kepada id di balik kekuasaan superego. Tapi… apa sih manfaat riilnya?

Oke, di saat kita pamer -plis, aku tak ingin pamer-, kita ingin bahwa orang lain merasakan apa yang sedang kita rasakan namun secara berlebihan sehingga jatuhnya adalah kita ingin mendapat pengakuan…

– terpintar
– terhebat
– tercepat
– terlincah
– terkuat

Tapi, selain “manfaat” itu, apa lagi coba? Kalau kita pamer, orang lain jadi tau sampai mana skill kita, di mana kekurangan kita, bagaimana cara menjatuhkan kita. Kedengarannya negatif banget ya, aku ngomong. Tapi, bukankah kita harus senantiasa menjaga diri?

So, kalau kita ingin menunjukkan sesuatu, sampaikanlah sewajarnya. Ingatlah pula bahwa setiap orang juga punya kehidupan yang ingin diceritakan. Setiap orang juga ingin didengar, bukan kita aja yang terus berceloteh.

Berhubungan dengan tulisan ini, aku jadi keingat sama salah satu teknik terapi yang berorientasi pada client. Aku belum paham sama teknik itu karena baru disampaikan namun belum dipelajari karena teknik itu aliran humanis sedangakn sekarang baru aliran behavioris.

Iklan

One thought on “Hati-Hati Sama Sikap Sombong dan Pamer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s